4.27.2010

MINAPOLITAN PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA CILACAP (PPS CILACAP)

 1.  LATAR BELAKANG

Kementerian Kelautan dan Perikanan telah mencanangkan Visi dan Misi ideal dan brillian merupakan mimpi (dream) yang pantas untuk diwujudkan. VISI adalah ‎”Indonesia Penghasil Produk Kelautan dan Perikanan Terbesar 2015”, sedangkan MISI adalah "Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kelautan dan Perikanan"

Untuk dapat mewujudkan Visi dan Misi sebagaimana tersebut di atas telah dirumuskan GRAND STRATEGY (The Blue Revolution Policies):

  • Memperkuat Kelembagaan dan SDM secara Terintegrasi.
  • Mengelola Sumber Daya Kelautan dan Perikanan secara Berkelanjutan.
  • Meningkatkan Produktivitas dan Daya Saing Berbasis Pengetahuan.
  • Memperluas Akses Pasar Domestik dan Internasional.


Selain itu, untuk mencapai Visi tersebut‎, Kementerian Kelautan dan Perikanan mencanangkan program terobosan yaitu pengembangan kawasan-kawasan MINAPOLITAN di berbagai daerah di Indonesia. Kawasan yang memiliki “branding” tertentu seperti kawasan tuna/ cakalang, kampung lele, nila, patin, rumput laut, yang dilengkapi dengan sarana prasarana dan industri penunjang berpotensi untuk dikembangkan menjadi Minapolitan, dengan didukung dan kerja sama berbagai sektor/ instansi terkait seperti Pekerjaan Umum, Kesehatan, Priwisata, Pendidikan Nasional,  PLN, Telkom, PDAM dan lain-lain.

Minapolitan adalah konsep pembangunan ekonomi berbasis perikanan dengan pendekatan dan sistem manajemen kawasan berdasarkan prinsip-prinsip: integrasi, efisiensi, kualitas dan akselerasi tinggi. Kawasan Minapolitan adalah pusat ekonomi berbasis perikanan yang terdiri dari sentra-sentra produksi, perdagangan/pemasaran, pengolahan, komoditas perikanan, pelayanan jasa, dan kegiatan pendukung lainnya.

Minapolitan bertujuan: meningkatkan produktifitas dan kualitas perikanan,  meningkatkan pendapatan nelayan, pembudidaya dan pengolah ikan,  mengembangkan pusat pertumbuhan ekonomi di daerah dan sentra-sentra produksi perikanan sebagai penggerak ekonomi rakyat, mengendalikan urbanisasi dari Desa ke Kota, menanggulangi pengangguran dan pengentasan kemiskinan, menegaskan fungsi kawasan pedesaan, membangun pilar kekuatan ekonomi nasional di pedesaan serta meningkatkan konsumsi ikan perkapita pertahun




2.  TUJUAN

Tujuan umum Minapolitan PPS Cilacap adalah pengembangan PPSC menjadi MINAPOLITAN sebagai pusat ekonomi berbasis perikanan yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang diperlukan dan didukung oleh sektor/instansi terkait. Sedangkan tujuan khusus adalah pengembangan PPS Cilacap sebagai pusat Tuna, Cakalang dan Udang di selatan Pulau Jawa, Samudera Indonesia.


3.  SASARAN

Sasaran pengembangan Minapolitan PPS Cilacap adalah berkembangnya kegiatan ekonomi berbasis perikanan di PPS Cilacap dan sekitarnya melalui:

a. Peningkatan produksi dan mutu perikanan

b. Pengembangan industri pengolahan dan pemasaran perikanan

c. Pembangunan sarana prasarana perikanan dan penunjang lainnya

d. Peningkatan dukungan sektor/instansi terkait dalam pembangunan sarana prasarana penunjang dalam mendorong kegiatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat  



4.  Langkah-Langkah Tindak Lanjut

Dalam rangka mewujudkan Minapolitan PPSC perlu diambil langkah-langkah koordinasi dengan instansi dan berbagai pihak terkait, antara lain sebagai berikut :

1. Koordinasi dengan instansi terkait di daerah, dibawah koordinasi Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Cilacap.

2. Pembentukan Kelompok Kerja Minapolitan daerah.

3. Mengundang Tim  evaluasi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

4. Peresmian Minapolitan PPSC dan sekitarnya.

2 komentar:

SURATEMBAGA mengatakan...

Dear Mr. Didi
Thank for your up load abaut Minapolitan, we hope every time you have up date, tq

Didi mengatakan...

mas agus, di folder download tersedia booklet minapolitan PPS Cilacap, silakan di download